REPORT project AMSA 2009 - Kunjungan ke YPAC Palembang

Posted by amsaunsri on 00.35

14 November 2009 AMSA FK UNSRI @ Yayasan Pendidikan Anak Cacat Palembang


Kunjungan ke YPAC ini merupakan project perdana untuk anggota baru angkatan 2009, sekaligus merupakan proker ke-2 kepengurusan AMSA 2009-2010 dibawah pimpinan Dendy Riansyah sebagai Presiden AMSA FK UNSRI.

Target kegiatan kali ini adalah adik-adik yang dengan semangatnya mencoba untuk hidup normal dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Diantara mereka ada yang tuna wicara (bisu), Sindrome Down (kelainan bawaan), AUTIS, Cerebral Palsy, lumpuh, dan lainlainnya. Tapi mereka semua masih tetap bersemangat untuk sekolah, belajar, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Kegiatan yang dilakukan semuanya bersifat nonformal, berupa senam sehat bersama adik-adik yang super hebat, sarapan bersama, ngobrol-ngobrol bersama, nyanyi-nyanyi, dan pembagian hadih/souvenir di akhir acara.

Di awal kegiatan, semua sudah berjalan lancar, walaupun ada sedikit hujan yang menghalang, namun Kegiatan senam sehat bersama masih bisa terlaksana.

Panitia dan adik-adik YPAC semuanya saling membantu untuk mempersiapkan keberlangsungan kegiatan. Bahkan adik-adik YPAC lebih giat membantu walaupun mereka tidak dimintai tolong oleh panitia. Mereka semuanya RAJIN dan tanpa pamrih !

setelah bersih-bersih dan hujan reda, dimulailah acara inti, yaitu senam sehat bersama. Para instruktur yang baik hati berhasil mengajak adik-adik semua untuk menghabiskan 5 lagu untuk senam, dan 1 lagu di pendinginan. Wah, adik-adik semuanya semangat-semangat loh. Walaupun kelihatan mereka lelah dan berkeringat banyak, tapi mereka semua masih sangat bersemangat mengikuti senam.

selesai senam, saatnya buat adik2 nyabu (nyarap bubur) dan nyusu

Selesai nyabu dan nyusu, ada sepatah-duapatah kata nih dari Ketua YPAC, Ketua Pelaksana, dan Presiden AMSA

Setelah sambutan-sambutan, panitia ngadain acara tambahan, unjuk bakat adik2 ypac, ternyata mereka semua JAGO NYANYI. Bahkan ada adik yang suaranya mirip abis ma suaranya carli ST12. Mereka nyanyiin mulai dari lagu balonku, pelangi-pelangi, Co Ma Ilang (lagu wong palembang), Cinta terlarang The Virgin, Yolanda, dan lagu2 ST12 jadi favorite disana.


Dan, ada bonus report nih, ada adik-adik kita yang kerjanya DUA-duan mulu, lucu deh :)


Akhirnya, di penghujung acara, diumumkan 15 adik2 yang paling semangat senamnya dan juga pembagian kenang-kenangan kecil-kecilan dari panitia AMSA buat seluruh adik2 di YPAC. Dan mereka semuanya senang. Panitia juga ikut senang melihatnya


Dan, report tambahan salahsatu panitia ada yang menyusup masuk ke ruang fisioterapi anak-anak YPAC, and take some pictures there. Ini foto salahsatu adik yang menderita cerebral palsy. Walaupun adik2 harus menahan sakit ketika di fisioterapi, namun mereka masih tetap rutin menjalani fisioterapinya, SALUT ! mereka ingin agar bisa SEMBUH .


Ayo ADIK-ADIK, KALIAN PASTI BISA, kita semua SAMA, so don’t worry about your condition, we’ll always loving you and take care of you :)


So thanks to PANITIA YPAC 2009 yang kali ini diketuai oleh Yudi Pranata, we did it, dan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kunjungan kali ini, salahsatunya yaitu menyadarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita miliki dengan melihat kondisi adik-adik kita yang kurang beruntung.